Wednesday, July 11, 2012

Pengantar Praktikum Female Genital Histology

Berikut ini adalah panduan praktikum Female Genital Histology pada blok The Reproductive System and Disorders yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 13 Juli 2012. Pada Praktikum ini ada 7 Slide dengan kode F1 sampai F7. Isi masing-masing slide bisa dibaca pada penjelasan dibawah ini. 


OBJECTIVES:
  1. Understand and identify the stages of follicular growth (primordial, primary, secondary, tertiary), as well as the changes that occur in the follicular wall during pregnancy.
  2. Identify the structure of the oviduct.
  3. Describe the changes that occur in endometrium during the menstrual cycle as well as the changes that occur during pregnancy.
  4. Identify the structure of the vagina
SLIDE F7 (Ovarium)
Pada Slide ini Anda bisa mengamati struktur mikroskopik ovarium dan juga oviducts. Sebelum Anda mulai melihat slide coba ingat kembali struktur mikroskopis ovarium, dan ingat apa yang terjadi pada ovarium pada setiap siklusnya (fase proliferasi, ovulasi dan luteal)
Mulailah mengamati dengan pembesaran kecil, amati keseluruhan ovarium. Identifikasi jaringan ikat yang membungkus keseluruhan ovarium yaitu tunika albugenia. Coba identifikasi epitel yang melapisi bagian luar tunika albugenia yang disebut germinal epithelium. (contoh)
Kemudian geser pengamatan kearah lebih dalam dari tunika albugenia, coba identifikasi folikel primordial yang terbenam diantara stroma jaringan ikat. (berapakah jumlah spermatogonia saat lahir dan berapa jumlahnya saat pubertas???).

Folikel primordial terdiri dari satu oosit primer dikelilingi oleh lapisan sel folikel pipih. Kemudian coba identifikasi folikel yang mempunyai ukuran lebih besar dari folikel primordial dan terletak lebih dalam (ke arah medulla), yaitu folikel primer [contoh] di mana oosit besar dikelilingi oleh lapisan sel folikuler kuboid. (sebutkan dua jenis foliker primer !!!) . Diantara oosit dan sel granulosa coba identifikasi sebuah lapisan bening yang disebut zona pelusida.

Kemudian identifikasi folikel dengan ukuran lebih besar dengan ruangan didalamnya, yang disebut folikel sekunder. [contoh]. Folikel sekunder memiliki ruangan diantara sel granulosa yang disebut antrum.  Coba identifikasi oosit, cumulus oophorus, corona radiata, zona dan zona pellucida. Amati juga jaringan ikat disekitar folikel !!!. (Coba ingat kembali tentang teka interna dan teka eksterna beserta fungsinya !!!). 
Dengan perkembangan lebih lanjut, folikel sekunder menjadi folikel de Graafian [contoh]. Folikel ini memiliki ukuran paling besar.  Oosit telah mencapai ukuran penuh, terletak eksentrik dalam folikel dibungkus oleh  cumulus oophorus. Antrum semakin besar dan dinding folikel semakin tipis. Pada pertengahan siklus, satu folikel akan mengalami ovulasi. Coba jelaskan proses ovulasi !!!!



SLIDE F1 (Corpus Luteum)
Pada slide ini coba amati struktur berlipat-lipat dengan ukuran cukup besar di dalam ovarium. Ini adalah corpus luteum (contoh) . Coba jelaskan proses pembetunkan corpus luteum setelah proses ovulasi !!! , kemudian jelaskan  nasib korpus luteum !!!!


SLIDE F2, F3, DAN F4 (Endometrium)
Slide F2 sampai F4 adalah endometrium pada berbagai tahap siklus menstruasi. Sebelum mulai mengamati slide coba ingat struktur mikroskopis uterus yang terdiri dari endometrium, myometrium dan adventisia. Pelajari lagi perubhan yang terjadi pada endometrium pada tahap proliferasi, sekresi dan menstrusi. Ingat kembali pengertian stratum basalis dan fungsional dari endometrium. Pelajari pengaturan hormon pada siklus menstruasi!!!


SLIDE F2
Fase menstruasi terjadi pada hari 1-4 dari siklus menstruasi. Pada fase ini telah terjadi pelepasan stratum functionalis dan yang tersisa hanyalah stratum basalis.  Coba identifikasi myometrium yang tebal kemudian identifikasi lapisan endometrium yang relatif tipis dengan sisa-sisa kelenjar.(coba ceritakan proses menstruasi !!!!)


SLIDE F3
Fase proliferatif (hari 5-14 siklus menstruasi). Pada fase ini lapisan fungsional endometrium kempali dibentuk. Endometrium menjadi lebih tebal, dan kelenjar mempunyai bentuk lurus. Coba identifikasi myometrium dan kemudian identifikasi endometrium dengan kelenjarnya yang berbentuk lurus. (Coba ceritakan struktur ovarium pada saat endometrium berada pada fase ini !!!! dan ceritakan hormon yang dominan pada fase ini !!!!)


 SLIDE F4
Fase Sekresi (hari 15-28 siklus menstruasi) Pada fase ini kelenjar endometrium mulai menghasilkan sekresi dan mempunyai struktur yang berkelok-kelok (coiled). Endometrium mencapai ketebalan maksimal selama periode ini, dan arteri spiral terus tumbuh dan meluas ke daerah dangkal dari lapisan fungsional. Ada juga infiltrasi leukosit yang cukup besar dalam stroma.
Coba identifikasi myometrium,kemudian identifikasi myometrium yang tebal dengan kelenjar yang berkelok-kelok.
(coba jelaskan apa yang terjadi pada ovarium pada saat endometrium berada pada fase ini, dan ceritakan hormon yang dominan pada fase ini !!!, Jelaskan juga apa yang terjadi pada endometrium jika oosit dibuahi (fertilisasi) dan jika oosit tidak dibuahi!!!!)


SLIDE F6 (Oviduct)
Sebelum mempelajari slide ini coba ingat lagi tentang pembagian anatomis dari oviduct, pelajari juga tentang fungsi dari oviduct !!!!
Dengan perbesaran kecil amati lipatan-lipatan mukosa yang dilapisi oleh epitel, amati juga lapisan-lapisan pada dinding oviduct. (coba sebutkan lapisan pada dinding odviduct!!!!) (contoh)
Kemudian dengan perbesaran lebih kuat coba identifikasi epitel yang melapisi lumen oviduct. Kemudian amati otot polos yang melapisi dinding oviduct !!!.
(Coba jelaskan struktur pada oviduct yang berperan dalam transport oosit !!! dan jelaskan fungsi sekresi yang dihasilkan oleh sel-sel epitel !!!!)


SLIDE F5 (vagina)
Pada perbesaran rendah, perhatikan tiga lapis dinding vagina: lapisan mukosa, lapisan otot polos, dan lapisan adventitia. Perhatikan epitel yang melapisi vagina berupa stratified squamous epithelium yang sangat tebal !!!!! (contoh) (Jelaskan komponen yang terdapat pada sel epitel yang menyebabkan vagina memiliki suasana agak asam !!!!)
Jaringan lamina propria berisi banyak sabut elastis dan serat kolagen. Lapisan otot polos terdiri dari lapisan sirkular didalam dan lapisan longitudinal di luar.

disusun oleh : dr. I Wayan Sugiritama, M.Kes


Anda Bisa Download Versi PDF di alamat ini : PENGANTAR PRAKTIKUM FEMALE GENITAL HISTOLOGY

1 comments :

Gina Agnia said...

terimakasih, sangat membantusekali :)

Popular Posts