Wednesday, July 11, 2012

Pengantar Praktikum Male Genital Histology

Berikut ini adalah pengantar praktikum histologi Blok Genital System and Disorders yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 13 Juli 2012. Pada praktikum ini disediakan 7 slide histologi dengan kode M1 sampai M7. Untuk penjelasan masing-masing slide bisa dibaca pada keterangan dibawah ini :

OBJECTIVES :
  1. Recognize germ cells at different steps of spermatogenesis in the seminiferous tubule.
  2. Recognize Sertoli cells and Leydig cells, and explain their roles in the production of sperm and regulation of the male reproductive system.
  3. Recognize the various parts of the male reproductive tract in histological section, and explain the contribution of each part to the production of semen for the final ejaculate.
  4. Recognize and understand the histological organization of the prostate gland, Seminal vesicle gland dan Bulbourethral Glands 

TESTIS
Slide (M1) :
Pada slide ini Anda bisa mengamati parenkim testis yang dibungkus oleh kapsul tunika albugenia yang terdiri dari jaringan ikat padat. Dalam testis Anda akan melihat  berbagai bentuk tubulus seminiferus , dengan jaringan interstitial diantaranya. Dalam jaringan interstitial diantara tubulus seminiferus cobalah identifikasi kelompok sel Leydig (bisa dengan pembesaran yang lebih besar), yang mensekresikan hormon testosteron. Pada jaringan interstitial juga bisa dilihat pembuluh darah dan sel-sel yang lebih kecil yang merupakan sel dari jaringan ikat longgar.
Sekarang fokuskan pengamatan pada tubulus seminiferus dan gunakan lensa obyektif yang lebih kuat. Setiap tubulus seminiferus dikelilingi oleh lapisan pembatas yaitu tunika propria, terdiri dari sel pipih. Sel-sel besar yang terletak dekat dengan membran basal dan memiliki inti bulat adalah spermatogonium . Sekarang geser pengamatan kearah lebih dalam dari tubulus seminiferus dan coba identifikasi spermatosit primer yang mempunyai ciri : sel berukuran besar,dengan inti besar ditengahnya. Spermatosit sekunder tidak mudah ditemukan karena setelah terbentuk dalam waktu singkat langsung mengalami mitosis menjadi spermatid
Semua sel-sel yang lebih kecil di bagian atas epitel (dekat delan lumen tubulus) adalah spermatid dalam berbagai tahap diferensiasi untuk menjadi spermatozoa. Para spermatid awalnya memiliki inti bulat, tetapi secara bertahap menjadi lebih kecil, lebih padat dan menyerupai bentuk kepala sperma.
Sekarang coba identifikasi  sel Sertoli dengan ciri-ciri : nukleus yang besar, relatif pucat dan tidak teratur bentuknya. Diantara sel sertoli bisa diidentifikasi spermatogenic epitelium dalam berbagai derajat maturasi.
TIPS MEMBEDAKAN SEL SERTOLI, SPERMATOGONIUM DAN SPERMATOSIT PRIMER
Sel Sertoli menyelimuti sel-sel gamet selama proses maturasinya. Sel Sertoli dapat dibedakan karena mereka memiliki warna pucat dengan nukleus berbentuk oval inti dan bentuk sel yang tidak beraturan, batas antar sel tidak jelas Inti  
Spermatogonia adalah sel-sel prekursor yang besar dan selalu terletak di sepanjang membran basal tubulus.
Spermatosit primer memiliki ukuran paling besar (diantara sel-sel gamet), inti heterochromatic, dan mereka terletak di antara membran basal dan lumen tubulus. 

 SLIDE M3
Pada slide ini selain bisa mengamati parenkim testis yang dibungkus tunika albugenia, Anda juga bisa mengamati mediastinum testis dengan rete testis didalamnya, ductus epididymis dan awal dari ductus deferents.
Dengan pembesaran kecil coba identifikasi testis yang dibungkus tunika albugenia dengan tubulus seminiferus didalamnya. Coba ingat kembali perjalanan spermatozoa setelah dilepas dari tubulus seminiferus, ductus apakah yang dilewati hingga spermatozoa mencapai epididymis dimana spermatozoa akan disimpan sampai saatnya ejakulasi?
Coba geser pengamatan Anda sepanjang tunika albugenia dan temukan bagian tunika albugenia yang paling tebal, bagian ini disebut mediastinum. Didalam mediastinum coba identifikasi saluran-saluran dengan bentuk tidak teratur yang disebut sebagai rete testis. Ductus apakah yang dilewati spermatozoa sebelum mencapai rete testis ??? dan bagaimanakan strukturnya ???
Amati bahwa rete testis dilapisi oleh sel epitel kuboid dan Anda mungkin melihat mikrovili dibagian atas epitel. 
Sekarang kembali dengan pembesaran kecil dan pindahkan pengamatan kebagian slide yang berada diluar tunika albugenia. Coba amati adanya epididymis !!!!. Sekarang dengan pembesaran lebih kuar amati struktur mikroskopik epididymis !!! Epididymis dilapisi oleh pseudostratified columnar epithelium dengan stereocilli dipermukaannya.  Anda mungkin dapat melihat lapisan tipis otot polos di sekitar tubulus, yang mungkin bertindak dengan gerakan peristaltik untuk memindahkan sperma bersama. (Apa yang dimaksud dengan steterocillia ???? Coba ingat proses pematangan spermatozoa yang terjadi di epididymis!!!!)
Pada slide ini Anda juga bisa mengamati bagian awal dari vas deferens!!! Coba amati strukturnya dan bandingkan dengan struktur pada slide M5 !!!!

SLIDE M2
Pada slide ini bisa diamati epididymis, Anda bisa mengamati epididymis yang berupa tabung dengan spermatozoa dilumennya. Coba identifikasi epitel yang melapisi dinding epididymis dan identifikasi otot polos pada dindingnya !!!

SLIDE M5
Pada slide ini Anda bisa mengamati struktus mikroskopis vas/ductus deferens. Dengan pembesaran kecil coba amati struktur spernti tabung yang berada ditengah-tengah slide, sekarang coba dengan pembesaran yang lebih kuat. Coba identifikasi lapisan-lapisan pada dinding vas deferens !!!
Identifikasi epitel yang melapisi vas deferens yang dilapisi oleh pseudostratified epithelum, kemudian amati lapisan otot polos yang sangat tebal dan lapisan jaringan ikat dibagian paling luar.
Coba ingat fungsi dari vas deferens yang mempunyai lapisan otot polos yang tebal !!!! kemudian pelajari perubahan struktur vas deferens ketika mendekati prostat !!!!

SLIDE M4
Pada slide ini Anda bisa mengamati struktur mikroskopis asesori glands yaitu vesikula seminalis. Identifikasi lipatan-lipatan mukosa yang dilapisi oleh epitel simple columnar sampai pseudostratifed columnar epithelium. Pada dindingnya coba identifikasi lapisan otot polos yang cukup banyak.
Ingat kembali tentang fungsi kelenjar vesikula seminalis !!! Bagamana karakteristik sekresinya ??? Berapa persen kontribusinya pada total volume semen ?? dan apa fungsi sekret dari vesikula seminalis ???
SLIDE M6
Pada slide ini Anda bisa mengamati struktur mikroskopik kelenjar prostat. Kelenjar terdiri dari 15-30 kelenjar tubuloalveolar yang mengeluarkan sekresinya secara terpisah ke dalam uretra. Coba identifikasi unit sekresi kelenjar prostat yang dilapisi simple columnar epithelium. Unit sekresi kelenjar prostat dilapisi oleh otot polos yang cukup tebal. Pada slide ini Anda juga bisa mengidentifikasi ductus-ductus kelenjar prostat.
Coba ingat tentang karakteristik sekresi kelenjar prostat dan fungsinya !!!!! Dan pelajari tentang pembagian zona pada kelenjar prostat dan peran pentingnya diklinik !!!!
SLIDE M7
Pada Slide ini Anda bisa mengamati struktur mikroskopis kelenjar Bulbourethral. Coba identifikasi unit sekresinya yang dilapisi oleh simple cuboidal epithelium, pada stroma Anda juga bisa mengamati adanya otot polos. Coba ingat kembali tentang karakteristik sekresi kelenjar Bulbourethral dan fungsinya !!!!
disusun oleh dr. I Wayan Sugiritama, M.Kes

Anda Bisa Download Versi PDF di alamat ini : PENGANTAR PRAKTIKUM MALE GENITAL HISTOLOGY

0 comments :

Popular Posts